Penuh Doa Baik, Ini 3 Ucapan untuk Orang yang Naik Haji 

Menunaikan ibadah haji dan menginjakkan kaki di tanah suci mekkah merupakan keinginan dari semua umat muslim. Ini adalah momen ibadah yang membahagiakan bagi setiap muslim sehingga tak jarang banyak ucapan selamat naik haji yang akan diterima. Baik dari teman, tetangga, keluarga dan saudara. 

Selain itu, jika mendengar kerabat yang menjalankan ibadah haji pasti kita akan memberikan ucapan selamat sebagai ekspresi kebahagiaan. Ibadah ini adalah ibadah yang bisa menyucikan jiwa, menghapus dosa, dan meningkatkan keimanan. Apa saja ucapan naik haji yang bagus dan menyentuh? Yuk, simak referensinya dibawah ini.

 

1. Ucapan Selamat Naik Haji untuk Keluarga

Keluarga merupakan support system untuk keberhasilan anggota keluarga yang berhasil menginjakkan kaki ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Karena itu, ucapan selamat naik haji untuk keluarga merupakan bentuk dari  kasih sayang dan cinta. Misalnya:

Untuk ayah dan ibu, selamat menunaikan haji. Semoga perjalanan ke tanah suci diberikan kemudahan dan dilancarkan. Doa anak – anakmu selalu menyertai. Semoga  ayah dan ibu selalu diberikan kesehatan  dan  keselamatan. Selamat berangkat ibadah naik haji. Semoga menjadi haji yang mabrur. Amiin.

2. Ucapan Selamat Naik Haji untuk Sahabat

Sahabat merupakan sosok yang selalu setia menemani dalam keadaan apapun, baik dalam senang  ataupun sedih. Pastinya kita pun ikut senang saat mengetahui kabar baik dari teman yang akan menjalankan ibadah haji. Sebagai sahabat yang baik, kita bisa memberikan ucapan selamat naik haji.Misalnya : 

Selamat ya Sahabatku, mendengarmu bisa ke tanah suci menjadi hal yang sangat membahagiakan bagiku. Alhamdulillah Allah memberimu kemudahan, kelimpahan rezeki dan kesehatan, sehingga cita – citamu untuk ibadah haji tercapai. Semoga kamu bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar tanpa kendala apapun . Barakallah. Hati – hati dan jaga kesehatan ya selama disana

3. Ucapan Selamat Naik Haji yang Resmi

Berbeda dengan ucapan selamat naik haji untuk teman dan keluarga, ucapan selamat haji tidak selalu bisa dikatakan dengan kata-kata yang santai. Ucapan selamat untuk atasan di kantor atau perusahaan harus diberikan dengan kalimat yang sifatnya formal dan diksi yang baku. Ucapan naik haji yang resmi biasanya diberikan untuk tanda selamat dan penghormatan.

Misalnya, kepada Yth. Bapak Ahmad dan keluarga, kami dari segenap karyawan PT. Jaya mengucapkan selamat atas keberangkatannya untuk menunaikan ibadah haji. Semoga perjalanan ke baitullah senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam memenuhi panggilan ke tanah suci. Semoga menjadi haji mabrur dan menjadi ibadah yang sempurna. Amin ya rabbal alamin.

 

Perbedaan Antara Haji dan Umroh

Banyak yang kurang mengetahui perbedaan antara haji dan umrah.  Haji dan umroh diawali dengan berihram, ada rukun ihram, sa’i, tawaf hingga tahalul.  Ibadah haji hukumnya wajib bagi tiap umat muslim yang mampu, baik secara fisik, finansial dan spiritual. Sementara umroh hukumnya sunnah muakkad, artinya tidak wajib tapi dianjurkan dan diutamakan.

Waktu pelaksanaan haji lebih lama dibanding ibadah umroh. Haji memiliki waktu yang dibatasi dari awal Syawal hingga 10 Dzulhijjah atau hari raya idul adha. Sementara ibadah umroh bisa dilakukan kapanpun karena tidak ada rukun wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Itulah 3 ucapan untuk orang yang naik haji  serta perbedaan antara ibadah haji dan umroh. Jika kamu sudah mulai merencanakan untuk menunaikan haji ataupun umroh, kamu bisa memanfaatkan tabungan syariah Danamon. Danamon menyediakan Tabungan Haji dan Tabungan BISA Umrah iB menggunakan prinsip bagi hasil (syariah Mudharabah) untuk membantu para nasabah menyiapkan dana haji dan umroh. Yuk persiapkan tabungan haji dan umroh mulai dari sekarang!