4 Tips Mengikuti Product Management Bootcamp

Product management bootcamp bisa menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin belajar atau lebih mendalami mengenai ilmu di bidang produk management. Apalagi hal ini jauh lebih singkat jika dibandingkan dengan mengikuti kelas atau bahkan harus sekolah lagi untuk memperkaya ilmu di bidang tersebut. Dapat diikuti oleh Anda para karyawan yang memang bekerja di bidang ini, maupun juga yang baru ingin mulai memperdalam ilmunya karena akan sangat bermanfaat.

Banyak lembaga yang mengadakan bootcamp ini dengan durasi yang juga berbeda-beda, mulai dari hitungan minggu sampai dengan hitungan bulan. Tergantung dari seberapa banyak ilmu yang ingin diajarkan. Karena semakin banyak materinya maka membutuhkan durasi yang panjang juga untuk penyelesaian. Sehingga hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen sendiri pastinya, serta biaya juga harus dijadikan sebagai pertimbangannya, karena tidak semua bootcamp juga murah.

Hanya saja tak jarang diantaranya yang merasa setelah ikut product management bootcamp mereka sama sekali tidak merasa ada kemajuan ilmu yang didapatkan, atau bahkan wawasan juga sama sekali tidak mengalami peningkatan. Agar tidak sampai mengalami hal tersebut maka ikuti beberapa tips berikut ini dalam mengikutinya, yaitu:

  1. Pilihlah lembaga terpercaya yang mengadakan bootcamp tersebut, hal paling penting yang hendaknya dilakukan ketika Anda mengikuti bootcamp adalah memilih lembaganya, jangan asal memilih hanya karena mereka menawarkan biaya atau tarif murah. Melainkan harus mencari yang kualitasnya bagus, dengan demikian ilmu yang disampaikan juga mudah dimengerti dan juga diterapkan. Apalagi sebenarnya hal ini juga sangat bergantung pada pemateri atau mentor yang akan mengajarkan ilmunya nanti.
  2. Niati dengan sungguh-sungguh, kelasnya cukup intensif beberapa kali dalam seminggu, ada juga diantaranya yang dilakukan setiap hari. Tanpa adanya niat yang sungguh-sungguh nyatanya ada banyak diantaranya yang tidak maksimal dalam belajar ilmunya tersebut. Sehingga untuk hasil yang didapatkan juga kurang optimal. Tata terlebih dahulu niat Anda dalam mengikuti kegiatan tersebut.
  3. Disiplin, jangan suka membolos, apalagi sebenarnya bootcamp saat ini kelasnya juga berbasis online, dimana memang Anda tidak perlu datang secara langsung ke tempatnya, bisa ikut kelas lewat metode zoom. Namun tak jarang yang tidak mendengarkan bahkan mematikan bagian kamera mereka, ditinggali melakukan kegiatan yang lainnya. Jika seandainya Anda saja sudah tidak disiplin secara otomatis ilmu yang didapatkan juga kurang optimal bukan.
  4. Praktekkan ilmunya, jenis kelas bootcamp ini sendiri bukan yang sekedar materi saja, melainkan Anda butuh untuk melakukan praktek secara langsung, tujuannya tak lain adalah untuk bisa mendapatkan ilmunya secara lebih optimal. Jadi percuma jika seandainya diberikan materi saja, tanpa mau untuk mempraktekkannya, secara otomatis Anda tidak akan merasakan manfaatnya. Sangat disayangkan bukan jika sudah bayar mahal, namun tidak dapat ilmu yang diinginkan.

Product management bootcamp ini akan mengajarkan ilmu mulai dari pengenalan yang paling dasar sampai dengan intinya. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk ikut kegiatan tersebut maka ada baiknya jika seandainya dilihat silabus materi yang akan diberikan, termasuk juga dengan melihat siapa saja yang akan menjadi penyampaian materi tersebut. Sehingga bisa lebih mudah untuk mendapatkan hasil atau ilmu secara lebih optimal. Catatan penting yang lainnya adalah dalam bootcamp ini Anda juga harus mempertimbangkan suasana atau waktu terbaik dalam mengikutinya, pastikan fasilitas internet dan sejenisnya mendukung, sehingga bisa belajar optimal.