Penyebab Perut Kencang saat Hamil dan Cara Tepat Mengatasinya

Penting sekali bagi calon ibu untuk memahami kondisi tubuhnya saat hamil. Salah satu kondisi yang sering terjadi di masa kehamilan adalah perut terasa kencang. Kondisi perut kencang saat hamil ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Berikut adalah 5 penyebab perut terasa kencang ketika hamil dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Janin Bertambah Besar

Penyebab pertama yang sering memicu perut terasa kencang ketika hamil adalah pertumbuhan dari janin itu sendiri. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka janin juga akan bertambah besar. Pertambahan ukuran janin ini bisa menyebabkan ibu merasakan perut kencang. Biasanya kondisi ini terjadi di usia kehamilan 12 hingga 16 minggu.

Kondisi ini tentu saja merupakan suatu hal yang normal. Ibu tak perlu melakukan tindakan apapun karena perut kencang akan reda dengan sendirinya. Namun, jika perut kencang disertai bercak darah dan rasa nyeri pada perut maka penting sekali untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

2. Gangguan Pencernaan

Rasa kencang pada perut juga bisa dipicu oleh adanya gangguan pada sistem pencernaan. Sebenarnya masalah pencernaan ini sangat umum dialami oleh ibu hamil. Perut kembung dan sembelit menjadi dua jenis gangguan pencernaan yang sangat sering terjadi. Kondisi ini ternyata juga bisa menyebabkan sensasi perut kencang.

Kondisi ini dapat terjadi di berbagai rentang usia kehamilan. Untuk mengatasi kondisi ini ibu hamil bisa mengonsumsi makanan sehat tinggi serat dan lebih banyak minum air putih. Hindari konsumsi obat-obatan selama masih bisa diatasi dengan kontrol makanan yang baik.

3. Pergerakan Janin

Perut kencang saat hamil juga bisa disebabkan oleh adanya pergerakan janin di dalam rahim. Tentu saja hal ini juga merupakan kondisi yang sangat sering terjadi dan tak perlu dikhawatirkan. Justru pergerakan janin menjadi tanda bahwa janin dalam kondisi sehat. Namun jika ibu merasakan nyeri perut berlebih seiring dengan rasa kencang tersebut maka segera konsultasikan ke dokter.

4. Round Ligament Pain

Mulai masuk ke trimester kedua, biasanya perut kencang pada hamil disebabkan oleh round ligament pain. Ini merupakan kondisi yang terjadi saat round ligament yang menopang rahim mulai melebar karena pertumbuhan janin. Semakin besar ukuran janin dan perut maka kerja ligamen ini pun akan semakin berat.

Peregangan ligamen ini dapat menyebabkan perut terasa kencang. Bahkan sering kali ada ibu hamil yang merasakan nyeri dan rasa tidak nyaman akibat peregangan tersebut. Namun ini merupakan kondisi normal. Ibu hamil butuh beristirahat sejenak untuk memberi rasa nyaman dan meredakan nyeri yang dialami.

5. Kontraksi

Jika ibu hamil sudah memasuki trimester ketiga maka perut kencang ini bisa disebabkan oleh kontraksi. Kontraksi itu sendiri ada dua jenis yakni kontraksi asli dan palsu. Kontraksi palsu biasanya terjadi dengan frekuensi yang tidak teratur. Ini menjadi tanda bagi tubuh untuk mulai mempersiapkan persalinan.

Namun, jika perut kencang datang dengan frekuensi yang teratur dan disertai nyeri tegang menjalar sampai punggung maka ini merupakan kontraksi asli. Kontraksi ini menjadi tanda bahwa akan segera terjadi pembukaan mulut rahim untuk mengawali proses persalinan. Segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk melakukan pemeriksaan.

Itulah 5 penyebab perut kencang saat hamil serta cara mengatasinya. Kondisi ini memang bisa menjadi hal yang umum terjadi tetapi juga bisa menjadi suatu tanda bahaya. Jika memang disertai nyeri yang berlebihan dan bercak darah, jangan ragu untuk mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.